Lahirnya Suku Kandang Kopuh di Luhak Kepenuhan

Lahirnya Suku Kandang Kopuh di Luhak Kepenuhan

Suku Kandang Kopuh adalah salah satu suku di Luhak Kepenuhan yang dinamakan Suku Kandang Kopuh dikarenakan tugas yang diembankan ketika itu adalah menahan air atau lebih dikenal dalam bahasa Kepenuhan, Mongandang.
Maksud kata tersebut adalah supaya air terkumpul sehingga kembali menjadi pasang dan kapal yang kandas dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Dalam menjalankan tugasnya, Suku Kandang Kopuh terus berupaya sampai kapal dapat berlayar untuk melanjutkan perjalanan. Begitu giatnya hingga bulu betis mereka habis tercabut atau putus oleh derasnya air ketika itu. Karena terlalu banyak mengeluarkan tenaga, badan mereka terasa Kompuh (Lemas) dan tidak bertenaga.

Peristiwa tersebut menjadi ciri tersendiri dari suku ini, yaitu salah satunya adalah tidak memiliki atau tidak terlihat bulu betisnya. Ini merupakan salah satu ciri yang terlihat dalam kesukuan Luhak Kepenuhan.

Begitu pula dengan suku lainnya yang memiliki ciri Khas tersendiri, sehingga bagi mereka yang betul memahami dan mendalami tentang kesukuan akan paham yang mana sukunya, karena terlihat dari kekhasan yang dimiliki.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Lahirnya Suku Kandang Kopuh di Luhak Kepenuhan"

 
Copyright © 2015 Olang Bobega - All Rights Reserved . DMCA.
Template By Kunci Dunia